Wakil Eropa Masih Dominan dari Wakil Amerika Latin

barca-super2

Wakil Eropa Masih Dominan dari Wakil Amerika Latin

Semenjak dihelat pertama kali tahun 2000 lalu, Piala Dunia Antarklub masih didominasi oleh wakil Eropa serta Amerika Latin. Tercatat, utusan dari dua kutub sepakbola dunia ini saling mengalahkan untuk meraih supremasi tertinggi di level klub.

Tahun 2015 ialah yang ke-12 kalinya Piala Dunia Antarklub di gelar, dengan Jepang sebagai tuan rumah. Gelaran tahun ini ialah yang ke-7 kalinya bagi Jepang didapuk sebagai tuan rumah.

Sedikit melihat ke belakang, pada tahun 2000, klub elite Brasil, Corinthians, menjadi klub yang sukses menjadi jawara pertama gelaran ini. Corinthians sukses mengalahkan sesama wakil Brasil, Vasco da Gama di partai final.

Tahun lalu, raksasa Eropa, Madrid sukses menghantam wakil Argentina, San Lorenzo, 2-0 di partai puncak.

Selama 12 kali penyelenggaraan, tercatat wakil Eropa masih dominan dibanding wakil Amerika Selatan. AC Milan, Man Utd, Barca, Inter Milan, Bayern Munchen, serta Madrid, ialah enam tim Eropa yang mampu menjuarai gelaran ini.

Sedangkan itu, hanya tiga wakil Amerika Latin yang tercatat mampu menjuarai gelaran ini. Corinthians, Sao Paulo, serta Internacional ialah para wakil Amerika Latin yang menyeruak di antara dominasi klub Eropa.

Barca serta Corinthians ialah dua klub yang sukses meraih gelar Piala Dunia Antarklub lebih dari satu kali. Barca serta Corinthians sama-sama mampu meraih dua gelar di ajang ini. Barca, malahan mempunyai peluang besar meraih gelar ketiganya tahun ini.

Tahun ini, wakil Eropa serta Amerika Latin mempunyai peluang besar saling jegal di partai puncak. Jawara Libertadores 2015 River Plate, serta jawara Liga Champions Eropa, Barca, diprediksi akan menjadi tim yang mampu lolos ke fase tersebut.

River masih akan menghadapi jawara J-League, Sanfrecce Hiroshima, di babak semifinal. Tengah Barca, akan menghadapi jawara Liga Champions Asia, Guangzhou Evergrande.

Berikut daftar jawara Piala Dunia Antarklub semenjak tahun 2000:
Tahun/Juara/Skor/Runner-up

2000 Corinthians (P) 0-0 Vasco da Gama
2005 Sao Paulo 1-0 Liverpool
2006 Internacional 1-0 Barcelona
2007 AC Milan 4-2 Boca Juniors
2008 Man Utd 1-0 LDU Quito
2009 Barca 2-1 Estudiantes
2010 Inter Milan 3-0 TP Mazembe
2011 Barca 4-0 Santos
2012 Corinthians 1-0 Chelsea
2013 Bayern Munchen 2-0 Raja Casablanca
2014 Madrid 2-0 San Lorenzo