Investasi Rp2,5 T serta Kegagalan MU di UCL, Ada Apa?

mu-kalah

Investasi Rp2,5 T serta Kegagalan MU di UCL, Ada Apa?

Kegagalan Man Utd lolos dari fase grup Liga Champions musim ini menuai banyak kritikan. Apalagi Pelatih Louis van Gaal sudah menghabiskan 119,1 juta poundsterling atau sekitar Rp2,5 triliun untuk memperkuat pasukan Manchester United musim ini.

Kekalahan 2-3 dari VfL Wolfsburg di Volkswagen Arena, Hari Selasa (8/12) malam waktu setempat, menjadikan Manchester United berada di posisi ketiga klasemen akhir Grup B. Chris Smalling serta kawan-kawan hanya mampu melangkah ke babak 32 besar Europa League.

Kegagalan di fase grup Liga Champions terbilang cukup memalukan. Malahan salah satu legenda Manchester United, Paul Scholes, tak tampak sebagaimana tim besar Eropa di Liga Champions musim ini serta khususnya ketika dikalahkan Wolfsburg.

“Tidak ada urgensi, ancaman, atau kualitas. Manchester United sebagaimana tim rata-rata lainnya. Dengan tim sebagaimana itu, maka Anda mendapatkan performa yang rata-rata juga. Anda dapat katakan, mereka tak membeli pesepakbola semaksimal mungkin,” kata Scholes sebagaimana dikutip The Guardian.

Selepas absen di Liga Champions musim lalu, Van Gaal sudah menghabiskan dana sampai 119,1 juta poundsterling atau sekitar Rp2,5 triliun untuk melakukan pembelian pesepakbola musim ini.

Uang itu digunakan untuk membeli Anthony Martial (36 juta poundsterling), Memphis Depay (31 juta poundsterling), Morgan Schneiderlin (25 juta poundsterling), Bastian Schweinsteiger (14,4 juta poundsterling), serta Matteo Darmian (12,7 juta poundsterling).

Tapi, pembelian tersebut rupanya tak menjadikan Manchester United tampil impresif di Liga Champions. Walaupun di awal musim Manchester United sempat menjadi tim favorit di Grup B, yang berisikan CSKA Moskow, PSV Eindhoven, serta Wolfsburg.

Bila ditotal semenjak kehadiran Van Gaal di Old Trafford, Manchester United telah menghabiskan dana sampai 258,7 juta poundsterling atau sekitar Rp5,3 triliun untuk melakukan pembelian pesepakbola. Tapi, alhasil sampai sekarang belum tampak.

“Mereka tak pantas lolos. Anda mengharapkan Manchester United lolos. Bila Anda melihat jumlah uang yang telah dikeluarkan, tentu Anda dapat mengerti sikap frustrasi suporter. Tekanan ada di Van Gaal kini,” kata eks defender Manchester United, Rio Ferdinand.

Sekarang Van Gaal tinggal punya dua ajang untuk dimenangi bersama Manchester United musim ini. Wayne Rooney serta kawan-kawan kini masih bersaing di papan atas Liga Primer Inggris, serta akan tampil melawan Sheffield United di putaran ketiga FA Cup pada Januari 2016.