Bila Pakai VAR, Apakah Final Tetap Madrid Vs Liverpool

Agen99bet.net – Dua pertandingan semifinal Liga Champions diwarnai berbagai kontroversi, salah satunya keputusan pengadil lapangan. Lalu, bagaimana jadinya jika Liga Champions menerapkan Video Assistant Referee (VAR).

AS Roma gagal melaju ke final, Meskipun menang 4-2 atas The Reds di Stadio Olimpico pada leg 2. Skuad I Lupi kalah argegat 6-7 dari tim asal liga Inggris tersebut.

Pihak Roma merasa jengkel dengan keputusan pengadil lapangan Damir Skomina pada leg 2. Di mana, sang pengadil lapangan tidak memberikan Roma hadiah penalti atas dua tragedi berbeda.

Pertama, Roma tidak raih penalti selepas sepakan Stephan El Shaarawy dari jarak dekat Perihal tangan Trent Alexander-Arnold. Yang kedua, Edin Dzeko dinilai offside ketika dilanggar penjaga Gawang Loris Karius dalam duel satu lawan satu.

Presiden Roma, James Pallotta, menganggap insiden-insiden tersebut menjadikan Liga Champions membutuhkan VAR. Sebagaimana yang diterapkan beberapa liga di Eropa.

“Sangat terang bahwa VAR dibutuhkan di Liga Champions karena Anda tidak dapat mengabaikan hal-hal sebagaimana ini,” kata Pallotta sebagaimana dilansir Football Italia.

“Anda dapat melihatnya sendiri. Dzeko tak offside, dijatuhkan untuk sebuah penalti. Pada menit ke-65, ada handball yang terang bagi semua orang di dunia, kecuali mereka yang di lapangan. Di menit ke-67, Schick dijatuhkan di kotak penalti,” lanjutnya.

Sebelumnya, pengadil lapangan Cuneyt Cakir juga cukup kontroversial pada pertandingan Madrid vs Bayern Munchen. Cakir tidak memberikan hadiah penalti pada Bayern, walaupun Marcelo tampak melakukan handball.

Selepas pertandingan, Marcelo juga akui memang melakukan handball serta Bayern semestinya memperoleh penalti. Akhirnya, Madrid sukses lolos ke final selepas bermain imbang 2-2 dengan Bayern Munchen.

“Bila ada teknologi VAR di Liga Champions, aku tidak tahu apakah finalnya ialah Madrid-Liverpool. VAR menghilangkan banyak keraguan serta dapat saja terjadi seorang pengadil lapangan tidak melihatnya dalam sepersekian detik, namun dalam 10 detik Anda dapat melihat rekaman serta yakin,” ujar pesepakbola Roma, Alessandro Florenzi.